Pelatihan kpi adalah sebuah pelatihan khusus untuk kalangan manajerial untuk melakukan ebasluasi terhadap karyawannya. Penilaian yang dilakukan oleh pihak manajerial kepada karyawannya merupakan salah satu cara yang paling baik untuk mengetahui sejauh manakah perusahaan bisa mencapai tujuannya. Sebagai sebuah indikator resmi tentunya kpi memiliki peranan yang sangat penting untuk pihak manajerial untuk mengetahui seberapa jauh kemungkinan karyawan mampu termotivasi untuk mencapai indikator yang ditetapkan tersebut. Penetapan indikator penilaian kepada karyawan juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab jika indikator  dibuat dengan sembarangan maka kemungkinan besar karyawan tidak akan mungkin bisa berkarya sesuai dengan yang diharapkan.


Bagi perusahaan yang akan menetapkan standart penilaian karyawan maka seharusnya perusahaan wajib mempertimbangkan bahwa indikator tersebut tidak terlalu tinggi maupun tidak terlalu rendah untuk dicapai karyawan. Apabila indikator tersebut terlalu tinggi maka kemungkinan besar karyawan tidak akan bisa mencapainya. Jika demikian karyawan sama sekali tidak memiliki motivasi untuk mencapai indikator tersebut karena tidak masuk akal. Sedangkan jika indikator yang ditetapkan terlalu rendah maka kemungkinan besar, karyawan akan meremehkan proses penilaian tersebut. Sebab jika terlalu rendah, ksryawan tidak lagi memiliki motivasi untuk melakukan peningkatan kapasitas dirinya dalam bekerja demi kemajuan perusahaan sebab merasa indikator penilainanya sudah tercapai dengan mudah. Itulah mengapa ketika menetapkan standart indikator yang harus dicapai karyawan maka manajerial tidak bisa sembarangan untuk menetapkannya.

Mengadakan pelatihan penyusunan KPI memiliki peranan yang sangat penting untuk peningkatan kapasitas karyawan secara keseluruhan. Sebab jika kpi tidak terkonsep dan tersusun dengan baik maka kemungkinan besar penilaian dan penyusunan strategi perusahaan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Tentu saja dengan kpi yang terkonsep dengan baik akan membuat perusahaan memiliki indikator yang lebih jelas guna proses penetapan indikator penting perusahaan guna memberikan motivasi karyawan untuk meningkatkan kapasitas dirinya dalam bekerja. Sebab jika penilaian tidak meningkatkan  kapasitas dan motivasi karyawan maka penilaian yang dilakukan oleh perusahaan sama sekali tidak akan membuahkan hasil apapun yang memuaskan.